Saturday, November 5, 2011

Vanili

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko,Negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dari vanili adalah panili atau perneli.

Buah Vanili


SELAIN sebagai pengharum kue, minuman, pudlng dan es krim, vanili Juga mempunyai fungsi aphrodisiac. Aromanya yang harum semerbak bermanfaat sebagai aroma terapi penyegar tubuh. Vanili (Vanilla planifolla Andrews) diduga berasal dari Meksiko. Tanaman sejenis anggrek Ini mempunyai buah yang harum semerbak. Buah vanili sudah digunakan sebagai penyegar minuman sejak abad ke-17. Kini vanili diolah menjadi beberapa bentuk dan kegunaannya sangat beragam. Agar tidak salah pilih, simak ulasan berikut seperti yang ditulis pakar kuliner Budi Sulistomo dalam blognya


Buah vanili kering DI pasaran dijual vanili dalam bentuk utuh dengan warna kehitaman. Buah Ini telah diperam enam bulan. Selain sebagai gamis aneka dessert, vanili kering Ini bisa Juga digunakan sebagai pengharum makanan dan minuman. Caranya, keruk bagian Isinya yang berwarna kehitaman, larutkan dalam saus atau campurkan dalam adonan cake, puding atau es krim. Meletakkan potongan vanili dalam gula pasir atau sirup gula akan membuatnya harum semerbak.


Vanilla essence Vanilla essence dibuat dari buah vanili yang dllarutkan dengan alkohol. Hasilnya cairan bening atau kecoklatan dengan aroma khas vanili. Penggunaannya bisa untuk mengharumkan aneka Jenis dessert Campurkan sesaat sebelum adonan diangkat karena essence menggunakan alkohol sebagai media pelarut dan mudah menguap.


Ekstrak vanilla Aromanya dua kali lebih kuat dibandingkan vanilla essence. Warnanya lebih pekat dan penggunaanya setengah dari ukuran vanilla essence. Biasanya digunakan untuk dessert yang dipanggang karena mengandung sedikit alkohol dan tahan temperatur tinggi.

Concentrated vanilla extract Jenis Ini memiliki rasa vanilla yang paling kuat. Beberapa ekstrak vanilla biasanya dicampur dehgan sirup gula atau gliserin untuk membuat konsistensi yang pekat. Gunakan beberapa tetes saja dalam adonan dessert karena aromanya sudah cukup tajam. Tutup segera botol setelah digunakan agar aroma tidak menguap.


Vanilla kristal Dibuat dari biji vanili yang dlekstrak dan dicampur gula kemudian dikeringkan. Gunakan setengah hingga 1 sendok teh dalam campuran bahan. Aromanya sangat tajam dan terasa pahit Jika terlalu banyak. Vanilla kristal harus, disimpan dalam tempat yang sejuk, kering dan tertutup rapat karena mudah lembab/menggumpal.

Vanilla pasta Dari sekian Jenis di atas, vanilla pasta mempunyai aroma paling ringan karena sudah dicampur dengan bahan pengen-tal. Biasanya digunakan untuk puding. minuman atau custard. Tambahkan vanilla pasta seperlunya sesaat sebelum adonan diangkat agar aroma vanilla tidak menguap dan rasanya tidak pahit, (dam)

No comments:

Post a Comment